Faktor Penyebab Timbulnya JerawatFaktor Penyebab Timbulnya Jerawat – Sebelum kita mengobati atau menghilangkan jerawat alangkah baiknya kalau sebelumnya kita harus tau dulu apa itu jerawat serta apa penyebab timbulnya jerawat itu sendiri.

Jerawat dalam bahasa Inggrisnya yaitu acne adalah kondisi abnormalketidak normalan kulit akibat gangguan beproduksi kelenjar minyak (sebaceous gland) yang berlebihan sehingga menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori pada kulit. Pada umumnya bagian badan yang mudah terserang jerawat adalah di muka, dada, punggung, serta tubuh bagian atas lengan.

Jerawat juga memiliki golongan yang berbeda-beda. Jerawat dapat digolongkan ringan atau kecil apabila bentuknya masih berbentuk komedo dengan jumlah lesi kurang dari 30. Dan apabila jumlah lesi berkisar antara 30-125 maka jerawat tersebut digolongkan sebagai golongan sedang (papule). Sementara jerawat yang jumlah lesi di atas 125 maka itulah jerawat golongan besar.

Mulai munculnya jerawat biasanya terjadi pada masa pubertas antara usia 14-19 tahun. Faktor penyebab timbulnya jerawat di usia seperti itu disebabkan karena perubahan hormon pada remaja.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 85% populasi mengalami jerawat terjadi pada usia 12-25 tahun, 15% populasi mengalaminya hingga pada usia ke 25 tahun. Dan jika pada umur tersebut jerawat tidak teratasi dengan baik, maka gangguan jerawatnya akan menetap hingga mencapai usia ke 40 tahun.

Bagi seorang remaja putri yang sudah memasuki masa puber biasanya akan sering mengalami proses hormonal, seperti menstruasi, keputihan, atau bahkan stres yang bisa mempengaruhi kegiatan sehari-hari. Timbulnya jerawat seringkali dianggap sebagai bagian dari reaksi hormonal juga, akibat turunnya hormon seks wanita pada saat menstruasi.

Biasanya kalau seseorang rajin merawat wajahnya dengan baik, seperti rajin mencuci muka setelah beraktivitas, jerawat akan hilang dengan sendirinya.

Beberapa Faktor Penyebab Timbulnya Jerawat

Pada umumnya ada beberapa faktor penyebab timbulnya jerawat pada wajah dan bagian kulit lainnya:

  • Produksi minyak yang berlebihan: penyebab jerawat tidak selalu timbul karena wajah kotor, melainkan disebabkan oleh banyak faktor dalam tubuh. Timbulnya jerawat bisa disebabkan karena keadaan abnormal kulit akibat gangguan terlalu terlalu banyak produksi kelenjar minyak (sebaceus gland ) sehingga menimbulkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Namun penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, dimana kumpulan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri sel-sel kulit mati.
  • Adanya faktor hormon turunan dari orang tua.
  • Faktor genetik seperti pada saat pubertas beranjak dewasa.
  • Faktor iritasi kulit.
  • Memakai kosmetik yang berlebihan juga merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya jerawat karena akan menyebabkan penyumbatan pori-pori.
  • Obat-obatan kosteroid: mengkonsumsi obat kosteroid juga dapat memicu jerawat karena obat jenis itu dapat menyebabkan daya tahan tubuh lemah sehingga memicu timbulnya jerawat karena rutinitas bakteri patogen yang meningkat.
  • Makanan: Para ahli di New York juga meyakini bahwa meminum susu yang berlebihan juga menjadi penyebab timbulnya penyakit yang menyerang kulit itu. Sebelumnya, coklat dan gula telah disalahkan sebagai biang kerok penyebab munculnya penyakit kulit. Tapi itu terbantahkan sejak 1970-an karena kebanyakan ahli mengatakan bahwa dua jenis makanan itu tidak memiliki kaitan erat dengan jerawat. Justru para ahli menemukan bahwa mengkonsumsi makanan dengan tingkat glikemik tinggi dan susu kering akan memperparah kondisi.

Nah, sekarang Anda sudah tau faktor penyebab timbulnya jerawat pada wajah, dan mulai dari sekarang Anda bisa mengambil tindakan terbaik untuk mencegah jerawat agar jangan sampai muncul pada kulit Anda. Intinya cara mencegah jerawat adalah dengan menjaga pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Incoming search terms:

  • penyebab timbulnya jerawat
  • Apa arti timbul nya jerawat di masa pubertas
  • jerawat popula timbul karena apa